Friday, August 10, 2012

Namanya si Mas

As I got confirmation kalau anak gue itu lanang alias laki - laki, maka gue dan suami pun mulai mencari-cari nama untuknya.. Hal Ini juga untuk memudahkan dalam memanggil si anak yang sudah kami biasakan untuk berkomunikasi sejak di dalam kandungan > Salah satu anjuran yang kami dapat setelah mengikuti terapi hypnobirthing bersama bapak Ganesh (husband of my college friend, Friska) <

Awalnya lebih sering manggil dengan sebutan 'Nak', tapi kok terkesan tuwir dan seperti ada jarak banget sama si anak, makanya kami mulai mencari nama yang sekiranya tepat untuk dia. 

I want my son's name bernuansa Jawa atau sansekerta, jadi lebih long lasting.. hihihi menurut aku sih begitu yaa.. instead of nama-nama anak yang lagi ngetrend sekarang, yang banyak memakai huruf ch, sh, q, zh, etc.. Did u notice that

Lalu.. Kalau bisa vokal dari nama-nya lebih banyak mengandung huruf 'A', supaya lebih terdengar gagah & berwibawa. Not like my husband's name, yang kebanyakan huruf 'i'-nya, most of the people who never meet him & heard his voice before, thought that he's a woman... hihiii.. sabar ya sayang..

Pencarian dimulai dari browsing di internet.. varian-nya ga terlalu banyak. But I got a name which suits me.. Aryasatya Ganendra yang artinya Pasukan Tuhan yang Mulia. Singkat padat dan kedengarannya sangat berwibawa, isn't it? Cuusss, tek'in nama itu.. Ai laik ! Etapiii usut punya usut, nama belakang anaknya Friska yang baru lahir 2 bulan yang lalu, juga Ganendra.. Agak femes ya nama itu... Akhirnya gue ngalah ditambah suami pun kurang approve dengan nama tersebut dan rekuest untuk mencari nama yang lain.

Sebenernya, Mas'ku itu bermaksud menamakan anak kami dengan Ringgo, merunut pada nama salah satu anggota band favoritnya sepanjang masa, The Beatles. Dia bersikeras, tapi gue lebih bersikeras lagi.. Kami kan orang Jawa, dan ga mau nama anak kami berbau kebarat-baratan.. Lagian gue kebayang-bayang mukanya Ringgo Agus Rahman yang baby face &; suka ngebanyol itu.. Maaf ya sayang, ur request isn't my command at this moment hehe..

Ga puas dengan hasil temuan di internet, kami sengaja meluangkan waktu ke Gramedia, Matraman. Nongkrongin section bayi dan duduk di situ, sambil mencatat sejumlah nama yang kami pikir menarik..
Berikut, hasil temuan kami :
  • Adelaard : Terhormat, pemberani
  • Adelardo : Pangeran pemberani
  • Adhelmaar : Dimuliakan karena pertempurannya
  • Galagher : Ringan tangan
  • Gandharva : Pemusik surgawi
  • Genaro : Mengabdi pada Tuhan
  • Hector : Tabah
  • Maleakhi : Utusan Tuhan
  • Naryama : Pemimpin
  • Nicholas : Kemenangan rakyat
  • Arsen : Kuat
  • Prawa : Paling terkemuka
  • Aristarkhus : Pemimpin terbaik
  • Mikha : Yang seperti Tuhan
  • Aradhana : Perdamaian, penghormatan
  • Agraprana : Sumber kehidupan yang utama
  • Basmara : Terpesona
  • Cakrananta : Permata seindah rembulan
  • Bisma : Sangat luar biasa
  • Cakrawangsa : Keluarga cerdas
  • Danendra : Raja yang kaya raya
  • Mahawira : Pahlawan besar
  • Maheswara : Panglima, pemimpin, pelindung
  • Nararya : Suci
  • Rajendra : Sangat Tampan
  • Reswara : Unggul, terkenal
  • Rasendriya : Tajam semua inderanya
  • Wajendra : Raja wara tampan
  • Widyadhana : Kaya akan ilmu dan harta
  • Arnawarna : Samudera
  • Danayaksa : Penjaga kejayaan
  • Radithya : Matahari
  • Waradana : Hadiah yang bernilai
  • Anggabaya : Orang yang berkuasa
  • Cakrabirawa : Tajam & menyeramkan
  • Daniswara : Kaya, mulia
  • Gandewa : Busur Panah 
Nama-nama di atas baru berasal dari catetan gue, nah dari catatannya si suami, belum dirangkum di sini..
So we got these names :
  1. Aryasatya Bisma Pandega : Pemuka yang mulia dan luar biasa.
  2. Aryasatya Jiwan Pandega : Pemuka yang mulia dan tenang.
Kami akur untuk memberi nama panggilan anak kami dengan : 'Arya'.. (Hi, Mas :*), sementara untuk nama panjangnya, gue milih yang pertama, sementara sang suami milih yang kedua. 

Which one you find better ?

:)

4 comments:

feba said...

aku suka yang pertama, dhiestaa. :D eh, ada ya kumpulan nama sansekerta buat bayi? aku jadi pengin punyaa. :p

dhiestanatalia said...

Ahoyy.. 2 - 1 :D

Febtjee udah isi yaaaaa? *Calon onty kegirangan* ada bokk di Gramed banyak, mau gue titipin ke dahlia gak when she's around?

feba said...

hahahahaha... mau doong bok. :D tapi gue gak bisa nitip apa-apa nih buat si Mas ke dain, berhubung koper doski udah mau meledak. kalo gue mudik aja ya gue bawain. :D

bingar said...

aku suka yang kedua...nama Jiwan- suka banget

kaya nama personel SUJU *SIWON* #hasyah :D
becanda dhist, tapi bener deh suka nama Jiwan nya..