Wednesday, August 7, 2013

Mpasi Traveling Preparation

Hari yang ditunggu akhirnya datang juga. Mudik 2013 ! Yiiipiieee.. Selain karena ga perlu ngantor dan refreshing, juga karena  bisa menghabiskan banyaak waktu bersama ayah dan mas Arya. Just the three of us :*

Mudik kali ini si mas sudah makan! Jadwalnya 5 x dalam sehari pula.. Termasuk 3 x makan besar & 2 x cemilan. Banyak ! Menu nya pun sudah bervariasi dengan tekstur kasar. Yep, sudah sejak umur 7 bulan mas Arya ga bergantung pada blender atau penghancur makanan lagi. Padahal si mas baru akan tumbuh 1 gigi loh di usia nya yang ke 9 bulan ini. Selama ini dia nguyah makanan dengan gusi nya. Hihiii, lucu deh serasa kakek kakek ompong tapi yang ini jauuuh menggemaskan :* ;p

Makanan cukup dibuat lembut, diolah either itu dikukus, direbus atau pake slow cooker Takahi. Kalau untuk cemilan nya, buah di kerok (pepaya, melon, pisang) atau dipotong dadu (buah naga, semangka, jeruk, anggur). Sementara untuk kukis cukup dipotek ukuran kecil. So far sih ga ada masalah. No constipation dan si mas selalu lahap makannya. 

Naaah, untuk mpasi travelling mudik ini, gue ga bawa perlengkapan dapur macemnya panci, takahi, food blender dll layaknya ibu ibu lainnya.. Selain karena koper udah over capacity, juga karena kami menginap 3 malam di rumah kaka ipar di Kaliurang. Bisa diatur soal masak mpasi si mas karena semua tersedia. Sementara 2 malam lainnya kami menginap di hotel Inna Garuda, Malioboro dan Fave Hotel, Kesumanegara. No need to worry, breakfast ala internasional tanpa gulgar siap untuk jadi sajian si mas. 

Sebelum mudik ini, gue beli Zojirushi -food thermos- (Rp. 560.000 Toko Melati, Pasar Baroe) menggantikan insulated lunch bag skip hop karena makanan lebih sering dibuang karena basi ketimbang dimakannya. Sempet dipakai sebelum mudik, and i love it a lot ! Mau pergi dari pagi sampe sore makanan tetap awet.

Selain itu gue juga pesan 2 kukis Bebitang; cheese & raisin untuk kudapan enak nan simple. Both are free sugar, salt and no preservative.


Nah untuk masak di rumah kaka ipar, ini bahan makanan yang gue bawa:
1. Makaroni (La Fonte)
2. Kacang hijau kupas (Beli di Lotte Mart)
3. Beras merah
4. Keju Prochiz
5. Extra light virgin oil Bertoli (untuk numis numis)
6. Buah naga & zuchini (kebetulan ada di kulkas)

Diambil 2 jumput tangan, stok untuk dikonsumsi dalam satu hari. Semuanya dikemas dengan plastik transparan kiloan , lalu ditaruh di lunch bag dari ultah Deniz (hihii, tuuh foto orangnya mejeng di depan) Berguna sekali karena bisa muat banyak.


Sisanya berharap pada stock bahan makanan punya kaka ipar or simply buy in the nearest market.

Segitu aja sih.. Pengennya saat liburan nanti ga terlalu diribetin soal mpasi mas dan tetap pada tujuan awal berlibur, but still no instant baby food ! Bisa laaahh.. Semangkaaa ^.^

0 comments: