Monday, April 16, 2012

Ngesluslupi

Bukan cuma kalian yang bingung arti judul post gue kali ini apa.. tapi gue pun begitu awalnya.. Kalo bukan Eyang yang menjelaskan, gue bakal ngira artinya adalah nyelupin teh ke cangkir :p.. hehe.. Tapi bukan itu, Ngesluslupi atau yang biasa disebut dengan slupsupan adalah proses pindahan rumah.

Yes, jadi am officially moving to our own house sejak tanggal 12 April 2012. Meskipun dari seminggu sebelumnya udah nginep di sana sama sang suami, tapi kami menandai kepindahan kami pada tanggal tersebut. Mengapa begitu? Karena menurut itungan Jawa, tanggal tersebut dipercayai sebagai hari baik, hari yang jauh dari marabahaya. Begitu sih kata tetua-tetua di keluarga. Gue sama Divoy nurut saja, karena ga mau ngebantah orang tua dan ga ada salahnya juga untuk diikuti toch. Gue sih lebih mikir pindahan di hari baik & direstui orang tua, sugesti yang ditimbulin terutama dari si penghuni rumah juga baik & positif. Niat awalnya baik semoga juga dalam pelaksanaan dan hasilnya berujung baik juga.. Amiiiiinnn :D

Tanggal itu sendiri dihitung oleh Om Pri, yang adalah 'dukun'nya keluarga Soetardjo.. Bukan cuma sama keluarga aja sih, dia juga pernah diminta oleh bosnya, buat ngitungin hari baik pindahan kantornya. Jangan bayangin dia ngitung hari baik dengan ngelakuin ritual tradisional sambil ngasih sajen di depan pohon beringin di malam jumat kliwon yaaa, nope, not at all. Dia hanya berpatokan pada buku Jawa warisan leluhur. Ngitungnya pun pake bantuan excel.. So not that mystical ;)

Hari baik sudah dihitung, nah syarat-syarat kelengkapannya pun harus disiapkan.. Konon tiap benda sebagai simbol memiliki artinya tersendiri :
1. Air dan tanah rumah sebelumnya : Melambangkan baptis & asal kita.
2. Tikar : Dengan tujuan kehidupan di tempat baru tetap menyatu di tempat lama.
3. Tempat beras.
4. Bantal & Guling
5. Celengan dengan isi sekedarnya : Dengan harapan modal bisa dikembangkan di tempat baru.
6. Sapu lidi : Dengan harapan dapat membersihkan dari segala yang jahat dan selalu hidup bersih di tempat baru.
7. Pindahan di pagi hari : Dengan harapan di tempat baru selalu bersemangat.
8. Kitab Suci : Sebagai Pegangan hidup.
9. Nasi golong 7 butir (Nasi putih yang dikepal dgn bentuk lonjong seperti lemper)
10. Nasi tumpeng dengan lauk pauknya (ga harus nasi kuning, karena sederhana, waktu itu gue cm pake nasi putih)
11. Yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah : restu dari orang tua.

Gue ga kerepotan sama sekali, secara udah pindah dari seminggu sebelumnya, jadi barang-barang yang dibutuhin di atas, sudah hampir tersedia semuanya di rumah. Nasi tumpeng dan lauk pauknya disiapkan oleh Bude Christin. What a nice ! Gue & suami sengaja cuti untuk hari pindahan ini.

Jam setengah 8 pagi Eyang, Bude & Mba Era berdatangan ke rumah. sekitar jam 8 pagi prosesi dimulai. Kami semua berada di luar rumah sambil membawa barang-barang yang sudah disiapkan tadi. Si eyang memimpin acara pindahan, beliau membacakan doa yang sudah dipersiapkan sebelumnya, meminta restu sama Gusti Allah, agar rumah kami membawa kedamaian bagi penghuni dan sesama, diberikan kesehatan serta rejeki yang berlimpah. Juga tak lupa mendoakan agar kehamilan berjalan lancar sampai saatnya melahirkan nanti.

Aminnn, makasihhh eyang, bude & mba Era.. kalo ga karena kalian, ga mungkin ada rempong-rempongan kaya kemarin.. eh salah.. perayaan pindahan rumah ku... hihihiiiihii.. xoxo



*Sebelum prosesi berlangsung, suami akoh paling gantengggg*



*Nasi tumpeng, all prepared by si Bude, maacihhh :*


*Prosesi pemberkatan dan memasuki rumah baru, si Eyang khusyuk banget doanya hehe*

0 comments: