Sunday, August 29, 2010

Pedagang Musiman

Lebaran selalu membawa berkah bagi umat Muslim yang merayakannya.. Buat umat lain yang ga merayakannya, mereka juga kebagian dapet berkah loooh, contohnya gue... Lebaran kali ini gue coba buat mengais rejeki dengan berjualan KUE LEBARAN.. Yeep, Guests will coming dan tentunya Anda tidak mau mengecewakan mereka.. Bukan? So, here I am, as a "Penjual Kue" ...hehehe..

Awalnya iseng nanya Mba Tia (sepupu gue) tentang status bbm-nya yang lagi promosiin Kue Lebaran dagangannya.. Karena penasaran, gue tanya ini itu soal detailnya "1 kardus isi 6 toples : ada kue kacang, putri salju, kue coklat, nastar, kastangel dan kue keju" dengan harga yang sangat reasonable, ditambah packaging kardusnya menarik, bisa dipake untuk hantaran ke kerabat, gue lalu berfikir orang-orang pasti tertarik nih..

Otak dagang gue langsung jalan, sekaligus bantuin Mba Tia yang usut punya usut emang lagi ngumpulin duit buat biaya kawinnya taun depan... Dia emang udah kebelet kawin niiih.. hihihi.. Setelah kompromi dan negosiasi sama Mba Tia, akhirnya kami sepakat jadi rekan bisnis selama Lebaran berlangsung..*Jabat tangan; Deal*

Promosi yang gue lakuin terbilang minim.. cuma melalui bbm & ym, ga pake hard effort lagi.. Broadcast message ke semua contact list, dan sent ! Setelah itu, gue percaya Tuhan pasti turun tangan.. hehe, dan bener aja BB gue rame dengan pesanan yang berdatangan.. Jadi marketing ala kadarnya berbekal product knowledge yang udah khatam, arangging pengiriman dengan calon pembeli dan transferisasi adalah proses yang dilakukan..

Soal hasil yang didapet, aku dan Mba Tia udah sepakat ga mau ngambil untung yang besar agar dapat menjaring lebih banyak konsumen dan karena persaingan yang ketat sesama pedagang.. Jadi, jangan bayangin kami dapet untung berjut-jut or bermil-mil yaaa.... hehehhehe..

Tapi satu hal yang dapat gue petik dari jualan kue Lebaran MurMer ini adalah gue jadi kepikiran dan tergerak buat nyeriusin bisnis sampingan lainnya di sela-sela waktu kerja.. I love doing business dan berharap nantinya bisa terus tekun dan hidup dari sini. Pengennya ga kepatok sama waktu kantor yang mengikat banget, so I prefer to be a housewife karna mau fokus ke keluarga juga, I'll dedicate myself to my husband and children. While In the mean time, I'll keep scrapbooking or doing business in this field. I dunnoo.. still figure it out, masih nyari-nyari celah dari sekarang.. Bisa bisa.. I'll do anything to make me keep active and useful, else I'll be insane.. hohooo..

I'm now planning this with a partner.. Semoga semuanya diberikan kelancaran.. amiiin.. ^.^


*Kardusnya*



*1 kardus isi 6 toples Rp. 85.000*

2 comments:

Anastasia Puri said...

Mba Tia said : yihiii... saatnya berpikir utk bisnis selanjutnya...yah krn ini cuma bisnis musiman...lumayan buat nambah THR..hehe...go Dhiesta!! Semangatt!!!

PS : Perlu dikoreksi kata "ngebet" nya...sempruull!!!

dhiestanatalia said...

iyaa, lama-lama kan menjadi bukit cyiinn, sis, say.. haha *kamu ga suka dipanggil begini, padahal pakemnya orang jualan online nih*

ooh, kata ngebet kurang yaa.. sangat amat ngebet berarti.. hahahah